liputnews.com

Satpol PP Prov. Sumbar Luncurkan Aplikasi SI DOI dalam Upaya Pembaharuan Digitalisasi Penyimpanan Dokumen dan Arsip

WhatsApp Image 2023-07-19 at 19.14.15

Sumbarinfo.com,- Padang, Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi sumatera barat terus memanfaatkan penggunaan aplikasi dalam  meningkatkan pelayanan Inovasi Publik, salah satu aplikasi tersebut diberi nama SI DOI (sistem dokumen pegawai). semenjak SI DOI ini diluncurkan pada tanggal 29 September 2022 sampai hari ini terus mengalami penyempurnaan peningkatan performa, seperti pernyataan yang disampaikan oleh Sekretaris Satpol PP “dalam mengikuti kemajuan zaman kita memang harus ikut terjun lansung kedalamnya, dengana memanfaatkan aplikasi SI DOI ini tentu harapannya akan membantu/mempermudah kita dalam pengarsipan dokumen/file serta membantu dalam mengefaluasi kinerja pegawai.


Senada juga dengan arahan dari Kasatpol PP bapak Irwan, S.Sos, MM. dalam menjalankan perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik bahwa tujuan SPBE adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel; mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya; serta mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang terpadu. Kemudian juga didukung dengan amanat Peraturan Bersama Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 08 Tahun 2012 Nomor 15 Tahun 2012 tentang Pedoman Retensi Arsip Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil dan Pejabat Negara bahwa diperlukan arsip kepegawaian yang baik. Sehingga SI DOI (Sistem File Dokumen Kepegawaian) dirancang dan diterapkan sebagai inovasi yang memudahkan pelayanan kepegawaian di Satpol PP Prov Sumbar. Ini adalah sebuah gebrakan dan pembaharuan yang positif dilakukan Tim dalam menjalankan perpres tersebut, tentu harapannya hal ini terus akan ditingkatkan menjadi lebih baik.


Pengembangan aplikasi SI DOI ini berangkat dari akar permasalahan tentang arsip penyimpanan file/dokumen kepegawaian Satpol PP Prov Sumbar yang masih kurang baik karena tempat penyimpanan yang terbatas dan kurang tertata rapi sementara Setiap organisasi atau pegawai pastinya membutuhkan dokumen dan informasi yang merupakan kegiatan yang sangat kompleks, karena dokumen dan informasi dapat berperan sebagai proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu disuatu instansi perlu menciptakan pengelolaan arsip yang baik, untuk menepis permasalahan tersebutlah Aplikasi SI DOI ini hadir dalam memberikan pembaharuan.


Inovasi SI DOI (Sistem File Dokumen Kepegawaian) merupakan layanan kepegawaian secara elektronik/digitalisasi sehingga memudahkan sistem penyimpanan berkas file/dokumen kepegawaian di Satpol PP Prov Sumbar baik untuk ASN maupun untuk Non ASN.

Metode lama yang lama yang digunakan dalam menyimpan dokumen seperti:


1. Penyimpanan file/dokumen kepegawaian Satpol PP Prov.Sumbar dilemari dan box file sehingga mudah dimakan rayap, kurang tertata rapi dan rwan tercecer.

2. waktu untuk mencari suatu file /dokumen kepegawaian membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus membongkar arsip yang bertumpukan.


Sehingga dengan hadirnya SI DOI ini File/dokumen kepegawaian Satpol PP Prov Sumbar dalam bentuk digital yaitu pdf sehingga menghemat tempat penyimpanan file/dokumen kepegawaian Satpol PP Prov Sumbar. Kemudian dokumen tersebut tersusun rapi dan mempercepat waktu/memudahkan untuk mencari suatu file/dokumen kepegawaian baik untuk ASN maupun untuk Non ASN


Dengan inovasi SI DOI (Sistem File Dokumen Kepegawaian) akan tercipta pelayanan kepegawaian secara elektronik yang memudahkan, mempercepat pelayanan karena contoh dalam pengurusan naik pangkat ASN bahwa saat ini melalui file pdf bukan tumpukan kertas. Selanjutnya inovasi ini bukan hanya untuk ASN tetapi juga untuk NON ASN, tentu dalam pengembangan ini kita Satpol PP Prov.Sumbar tidak akan merasa puas dan cukup akan terus diusahakan pengembangan yang jauh lebih baik kedepannya.

BERITA LAINYA

Scroll to Top