oleh

Saluran Pembuangan Irigasi Kalase’rena Jebol, Pemprov Sulsel Diminta Turun Tangan

Liputnews.com – Saluran irigasi yang menghubungkan Gowa dan Takalar di Kalase’rena Kecamatan Bontonompo jebol. Saluran yang tepat berada di perbatasan ini kondisinya kian parah karena tidak pernah dilakukan pembenahan.

Oleh warga diketahui, jalur atau saluran ini masuk dalam pengawasan Bendungam Bissua yang terletak di Kecamatan Polongbangkeng Utara Takalar.

“Setelah saluran irigasi Bissua dibangun, jalur irigasi yang melintas di Kalase’rena kini dijadikan saluran pembuangan,” ungkap Achmadi Dg Bali, salah seorang kelompok tani di Kalase’rena, Senin (2/12/2019).

Pihaknya berharap saluran segera dibenahi. Ia mengatakan, karena melintasi dua kabupaten maka masuk dalam tanggung jawab dinas provinsi.

“Akibat dari rubuhnya saluran ini, selain banyak air yang terbuang percuma juga merugikan ratusan petani yang berdiam di tiga kelurahan di Gowa dan Takalar. Airnya masuk ke sungai dan mubazir,” ungkap Dg Siama, Ketua Kelompok Tani Pase’reanta.

Harapan warga pun terus dikabarkan mengingat musim hujan sebentar lagi akan tiba.

“Air yang mengalir dari Bendungan Bissua terbuang percuma karena airnya masuk di sungai padahal volumenya sangat dibutuhkan warga petani di Takalar, mohon Pemerintah Provinsi cepat turun tangan,” tambah Jarot Saputra, salah seorang petani di Kalase’rena. (yos)

Komentar