liputnews.com

SMKN 8 Padang Adakan Kegiatan In House Training Untuk Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru

1212

By: Marlim (Wartawan Senior sumbarinfo.com)

SMKN 8 Padang Adakan Kegiatan In House Training Untuk Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru

Padang, SumbarInfo.com,- Kegiatan IHT merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh SMK Negeri 8 Padang guna meningkatkan kompetensi dan kualitas guru. SMK Negeri 8 Padang menjadi salah satu sekolah yang terpilih dalam melaksanakan program SMK PK (SMK Pusat Keunggulan) , dimana program ini merupakan Kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Program SMK PK  merupakan upaya sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran , transformasi diri dan mengembangkan hasil belajar secara menyeluruh yang mencakup kompetensi, yang diawali oleh Kepala Sekolah dan Guru.  Oleh karena itu, perlu adanya persiapan dalam hal kapasitas  dan kompetensi guru untuk melakukan sebuah rekontruksi dan reformasi dalam dunia pendidikan.

Hal ini diungkapkan Kepala SMKN 8 Padang Deta Mahendra S.Pd, MM disela-sela acara penutupan In House Training, Sabtu (10/9/2022). “In House Training (IHT) dilaksanakan mulai 31 Agustus sampai 10 September 2022 bertujuan meningkatkan kualitas guru dari berbagai mata pelajaran yang didukung oleh fasilitator atau pendamping yang profesional” ujar Deta Mahendra S.Pd, MM

Materi yang disampaikan dalam IHT antara lain mengenai Paparan Tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Teaching Factory (TEFA), PJBL (Project Based Learning/Pembelajaran Berbasis Proyek), Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dan Media Penilaian Digital; (MPD) SMK PK. Melalui kegiatan IHT ini, diharapkan SMK Negeri 8 Padang dapat menerapkan dan mendesain berbagai model pembelajaran yang bervariasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran, serta mampu menggunakan media penilaian secara digital SMK PK.

Kegiatan IHT yang diikuti para guru mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan serta guru bimbingan konseling, Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Padang, Deta Mahendra,SPd, MM, Sabtu (10/9) menghadirkan pemateri Kabid Pendidikan SMK Disdik Sumbar, Dr Ariswan,SAg, MPd di Aula SMK Negeri 8 Padang, Jalan Raya Indarung, Cengkeh Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang.

Kegiatan tersebut membahas terkait pengembangan kurikulum merdeka yang merupakan suatu proses merencanakan dan menghasilkan kondisi belajar mengajar lebih baik dan berkualitas.

Pada kesempatan ini, Kabid Pendidikan SMK Disdik Sumbar, Dr Ariswan mengatakan Program SMK Pusat Keunggulan di SMK Negeri 8 Padang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja.

“SMK Negeri 8 Padang adalah Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya,” harap Ariswan

Ariswan berharap IHT yang dilaksanakan pada SMK Negeri 8 Padang sebagai program SMK Pusat Keunggulan menjadi penyempurna program-program revitalisasi pendidikan vokasi yang sebelumnya.

“Selamat kepada peserta yang telah fokus mengikuti kegiatan ini. Semoga inisiatif dan inisiasi ini menjadi bagian dari percepatan kita untuk semakin membuat lulusan SMK sesuai kebutuhan dan menjadi tenaga kerja yang mengisi lowongan kerja yang ada di masa mendatang,” katanya. 

BERITA LAINYA

Scroll to Top