liputnews.com

Rang Minang Hamburg Fasilitasi Pertemuan Kopas ANAM dengan Konjen RI dan ITPC Hamburg

IMG-20220915-WA0014

Padang, SumbarInfo,- Koperasi Anak Nagari Minangkabau atau yang lebih dikenal dengan Kopas ANAM, menjadi duta UMKM Sumbar ke Konsul Jenderal RI Hamburg Jerman. Anggota Kopas ANAM pantas berbangga, sebab meski baru berusia setahun jagung, akan tetapi gebrakannya sudah menembus pasar mancanegara.

Adalah F. Takarina, sang Ketua Kopas ANAM, yang begitu gesit dalam mencari pasar bagi anggotanya. Berbagai upaya dilakukan Rina panggilan F.Takarina, agar produk para anggotanya bisa dipasarkan, baik lokal maupun internasional.

Selasa tgl 13 Sept 2022 Jam 3 waktu Jerman, Rina didampingi Kadiv Pariwisata Kopas ANAM Mutiara Aulia Karina Tasrif, bertemu dengan distributor toko Indonesia bapak Jamal Syahwi di KJRI Hamburg Jerman. Pertemuan ini difasilitasi oleh Rang Minang Hamburg (RMH) dibawah pimpinan Budi Indra.

Didampingi Pembina Rantau, Elsi Djaman. Mardjuni, Djaman Saidi dan Mariana Ratnita, Rina mempresentasikan Kopas ANAM kepada segenap yang hadir. “Sebagai Ketua KOPAS ANAM yg mewadahi berbagai macam UMKM dii Sumbar, saya sangat berharap ada UMKM2 lain yang menyusul jejak Kopas ANAM untuk mengekspor produk2 nya keluar negeri khusus nya ke Eropa” ujar Rina.

“Untuk itu kami perlu bantuan dan perhatian dari KJRI dan berharap peran aktif ITPC juga agar produk2 UMKM yg sdh layak ekspor bisa dicarikan Pasarnya di Jerman umumnya dan di Hamburg khususnya” lanjutnya.

Sebelumnya, pembina rantau Kopas ANAM Elsi Djaman memaparkan maksud kedatangan KOPAS ANAM ke KJRI adalah memperkenalkan KOPERASI PEMASARAN ANAK NAGARI MINANG KABAU yang di singkat KOPAS ANAM yang mewadahi bermacam UMKM yang ada di SUMBAR.

“Maksud dan tujuan kunjungan ini adalah meminta peran aktif KJRI & ITPC Hamburg mencarikan peluang pasar dan mempromosikan produk-produk UMKM Ranah Minang” ujar Eldi Djaman. Lebih jauh Eksis berharap kedepannya bisa meningkatkan kembali dunia Pariwisata Minangkabau.

Dalam kesempatan itu Elsi Djaman juga menyampaikan keinginan RMH untuk mengadakan EVENT th 2023 di Kota Hamburg untuk mempromosikan Hasil karya dari UMKM Sumbar khususnya, terutama UMKM yang dibawah Bendera KOPAS ANAM.

Sementara Komjen RI untuk Hamburg Ardian Wicaksono menyambut baik kedatangan Kopas ANAM dan rombongan. “Saya sudah dengar tentang Kopas ANAM dan gebrakan yang sudah dilakukan oleh Ketuanya untuk memajukan para anggotanya” ujar Ardian Wicaksono.

Bahkan dirinya mengaku baru saja membicarakan Kopas Anam sebelum kedatangan rombongan Kopas ANAM ini. “Alhamdulillah, bersyukur atas kedatangan Ibu Rina dan rombongan. Mudah-mudahan ini awal dari sebuah perjuangan untuk memajukan UMKM di tanah air” ungkap Konjen.

Sebagai bentuk dukungan, Konjen Hamburg menurut rencana akan mengadakan event guna menunjang pemasaran produk-produk UMKM Sumatera Barat terutama anggota Kopas ANAM. “Insya Allah akhir Mei 2023 kita laksanakan event tersebut” jelasnya

Hadir dalam pertemuan tersebut Bapak Ardian Wicaksono, Konsul Jenderal RI Hamburg, Ibu Rospinda Saragih (KF Pensosbud), Bapak Apul Sihombing (KF Ekonomi), Bapak Eka Sumarwanto (Kepala ITPC Hamburg) dan Bapak M. Benyamin Abiyoga (Pelaksana Fungsi Pensosbud) KJRI Hamburg.

(Marlim)

BERITA LAINYA

Scroll to Top