oleh

Makan Pisang Sebelum Tidur, dan Rasakan Perubahan ini Dalam Tubuh

Liputnews.com – Makanan dengan karbohidrat berlebih dianjurkan untuk tidak dikonsumsi menjelang tidur. Para peneliti kesehatan justru menemukan pisang sebagai alternatif terbaik.

Pisang tinggi serat. Bisa membantu membuat perut terasa kenyang namun tidak akan menyebabkan dampak buruk seperti kenaikan berat badan.

Apa saja manfaat pisang untuk kesehatan. Berikut rincian yang dikutip dari laman doktersehat.com.

Bisa meningkatkan kualitas tidur

Pisang termasuk dalam buah yang tinggi nutrisi. Salah satunya adalah kandungan troptofan dan asam amino yang bisa membantu tubuh memproduksi hormon melatonin. Keberadaan hormon ini bisa membuat kita mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas.

Bahkan, pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi pisang bisa saja mengatasi masalah insomnia atau susah tidur.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk makan pisang di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Konsumsilah sekitar setengah jam atau satu jam sebelumnya demi mendapatkan manfaat sehatnya.

Meningkatkan fungsi saluran pencernaan

Selain bisa meningkatkan kualitas tidur, pisang ternyata juga bisa membuat fungsi saluran pencernaan semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh keberadaan serat yang sangat tinggi di dalamnya.

Mengonsumsinya akan membuat sistem metabolisme berjalan dengan maksimal dan akhirnya bisa berimbas positif bagi sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh, dan berat badan.

Baik bagi program diet

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, banyak orang yang memilih makan pisang sebelum tidur karena bisa membantu mengatasi rasa lapar tanpa perlu khawatir akan meningkatkan berat badan.

Dalam realitanya, buah dengan rasa manis yang menyenangkan ini memang tinggi serat dan nutrisi lain yang baik bagi kesehatan sehingga lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan makanan atau camilan yang tidak sehat.

Bisa mencegah datangnya masalah kram otot

Pisang tinggi kandungan zat besi yang bisa membantu pembentukan sel-sel darah merah sekaligus menurunkan risiko terjadinya kram otot. Hal ini berarti, makan pisang di malam hari akan membantu mengatasi masalah otot tegang akibat kelelahan atau rematik.

Otot dan persendian akan terasa jauh lebih nyaman sehingga kita pun bisa lebih rileks dan akhirnya beristirahat dengan nyenyak.

Baik bagi kesehatan mental

Tak disangka, pisang ternyata juga baik bagi kesehatan mental. Jika kita rutin mengonsumsinya di malam hari, maka kita bisa mengatasi stres dan memperbaiki suasana hati. Hal ini bisa berimbas pada kualitas tidur yang akan semakin membaik.

Membantu menyeimbangkan tekanan darah

Makan pisang setiap hari, termasuk di waktu sebelum tidur bisa membantu menjaga keseimbangan tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan potasium yang cukup tinggi di dalamnya.

Kandungan ini memang bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Mendukung proses regenerasi sel tubuh

Makan pisang bisa membuat tubuh mendapatkan asupan vitamin B6 yang bisa mendukung proses regenerasi sel-sel tubuh. Bahkan, produksi hormon insulin dan hemoglobin bisa meningkat. Hal ini tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. (mal)

Komentar