oleh

Ini 5 Makanan Terbaik untuk Menu Sarapan

Liputnews.com – Sarapan adalah saat yang paling tepat untuk mengisi tenaga sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Makan di pagi hari membantu tubuh memecah glukosa dengan lebih baik dan menjaga metabolisme dalam tubuh.

Untuk mencapai manfaat sarapan, menu makanan yang dikonsumsi pun tak boleh sembarangan. Sarapan yang sehat dan seimbang memberi tubuh energi agar tidak terlalu banyak makan pada hari itu.

Berikut 5 makanan terbaik untuk menu sarapan dilansir  dari detikhealth

1. Telur

Makan telur saat satapan dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori, membantu menjaga kadar gula darah dan insulin. Kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxantin yang dapat membantu mencegah gangguan mata seperti katarak.

Telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan otak dan hati. Mengonsumsi telur utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan memodifikasi bentuk kolesterol LDL jahat, dan meningkatkan kolesterol HDL baik.

2. Yogurt

Yogurt dan produk susu lainnya juga dapat membantu mengontrol berat badan karena meningkatkan kadar hormon yang mendorong kepenuhan, termasuk PYY dan GLP- 1.

Terlebih lagi, yogurt penuh dengan asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang tidak hanya mengurangi lemak tetapi juga menurunkan risiko kanker payudara. Beberapa jenis yogurt merupakan sumber probiotik yang baik seperti Bifidobacteria, yang membantu usus tetap sehat.

3. Kopi

Kopi dianggap sebagai minuman terbaik untuk memulai hari. Kafein telah terbukti dapat meningkatkan mood, kewaspadaan dan kinerja mental. Kopi kaya akan antioksidan, yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah dan mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati.

4. Buah

Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat dan relatif rendah kalori. Satu mangkok buah potong mengandung sekitar 80-130 kalori, tergantung pada jenisnya.

Buah jeruk juga sangat tinggi vitamin C. Bahkan, satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Buah juga sangat mengenyangkan karena serat dan airnya tinggi.

5. Kacang

Kacang-kacangan itu enak, memuaskan, dan bergizi. Kacang merupakan tambahan yang bagus untuk sarapan sebab membantu mencegah penambahan berat badan.

Kacang telah terbukti mengurangi faktor risiko penyakit jantung, resistensi insulin dan peradangan. Semua jenis kacang juga tinggi magnesium, kalium dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

Komentar