oleh

Hasanuddin Leo Minta Pemkot Maksimalkan Peran Babinsa dalam Penanggulangan Sampah di Kota Makassar

LIPUTNEWS.COM – Ketua Komisi B bidang Keuangan DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo meminta pemerintah Kota Makassar, Kecamatan hingga Kelurahan agar memaksimalkan peran Babinsa dalam penanggulangan sampah, terutama di kawasan lorong.

Alasannya, Babinsa merupakan pihak yang sangat memahami kondisi di lorongnya masing-masing, disamping fungsinya sebagai ketertiban dan keamanan bagi warganya.

“Kalau berbicara tentang keamanan dan ketertiban termasuk dalam hal kebersihan di wilayah itu masuk itu. Sehingga saya bilang tidak apa-apa, kita berikan sedikit insentif sebagai perhargaan kepada mereka di dalam mengawasi masyarakat dalam pembayaran retribusi,” ucap Hasanuddin Leo di Kantor DPRD Kota Makassar, Rabu, (28/8/2019).

Selain itu, ia menambahkan anggaran di semua Kecamatan pada APBD Perubahan, naik secara rata-rata dikarenakan adanya program nasional Dana Kelurahan (Dakel).

“Inikan rata-rata setiap kelurahan 352 juta, jadi kalau misalnya ada 1 kecamatan 10 berarti bertambahki 3 miliar 520 juta,” ungkapnya.

“Sebenarnya kalau kita mau hitung kurangi 600 juta kurangi 1 miliar kan seperti itu, memang bertambah 2 koma sekian,” sambungnya

Meski begitu, kata Hasanuddin Leo, jika tidak adanya Dana Kelurahan dari Dana Alokasi Umum (DAU), juga akan menurun.

“Jadi rata-rata setiap kecamatan turunki dari APBD pokok bertambah kelihatan itu karena ada dana kelurahan,” katanya. (*)

MUH. ERVIN SAPUTRA

Komentar