oleh

Atasi Gatal di Kulit dengan 5 Cara Alami

Liputnews.com – Saat mengalami gigitan serangga, alergi, atau eksim, pastinya akan menyebabkan rasa gatal pada kulit. Karena rasa gatal itu, kita pastinya akan segera menggaruknya, bahkan sampai terbawa emosi hingga menyebabkan timbulnya luka pada kulit.

Namun, ternyata ada cara lain untuk melindungi diri dari rasa gatal tersebut. Berbagai bahan-bahan alami yang ada di rumah kita bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada kulit.

Dilansir dari detikhelath, 5 bahan rumahan ini bisa jadi pelindung kulit dari rasa gatal-gatal.

1. Lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya menjadi salah satu tanaman rumahan dengan segudang manfaat, salah satunya bisa meredakan iritasi dan kulit yang gatal. Saat ini juga banyak produk yang menjual lidah buaya dalam bentuk gel dan bisa langsung dioleskan ke kulit yang mengalami iritasi ataupun gatal. Tanaman herbal ini juga berfungsi sebagai antiradang alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berhubungan dengan iritasi kulit.

Manfaat lainnya, lidah buaya memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah iritasi menjadi infeksi, dapat menjaga kelembaban kulit, dan memiliki sifat penenang untuk atasi nyeri.

2. Cuka apel
Cuka apel dapat mengatasi kulit gatal akibat reaksi alergi. Cukup gunakan satu sendok teh cuka apel pada kulit yang gatal. Selain itu, bisa dikompres menggunakan kapas hasil rendaman cuka apel untuk mengatasi gatal pada kulit.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa dipercaya bisa mengobati masalah kulit, seperti kulit gatal, jerawat, psoriasis, dan eksim. Kandungan protein pada minyak kelapa dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit yang dapat memperbaiki kulit rusak dan iritasi. Minyak kelapa ini juga efektif digunakan sebagai pelembab kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering.

4. Kulit buah
Beberapa kulit buah bisa menjadi obat untuk mengatasi rasa gatal pada kulit. Kulit semangka yang mengandung antiradang bisa berfungsi untuk menenangkan iritasi pada kulit atau rasa gatal dan bisa menyegarkan kulit. Selain itu, ada kulit pisang yang juga dapat mengatasi kulit gatal yang kemerahan karena dapat melembabkan kulit.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun dapat menyembuhkan kondisi kulit yang kering, gatal, atau iritasi yang menyebabkan kulit kemerahan. Minyak zaitun ini mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit, khusunya pada kulit wajah. (*)

Komentar