oleh

7 Gejala Tipes yang Harus Diketahui

Liputnews.com – Gejala sakit tipes seringkali sulit dibedakan dengan Demam Berdarah Dengue (DBD). Nah, ada beberapa tanda gejala tipes yang perlu diketahui. Apa saja? Yuk simak.
Sakit tipes disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Biasanya, kuman tersebut langsung masuk melalui mulut dan menyebar ke lambung lalu ke usus halus.
Nah, berikut 7 gejala tipes yang dirangkum detikHealth dari berbagai sumber:

1. Demam
Gejala tipes pada anak maupun orang dewasa, sama-sama mengalami demam. Gejala demam membuat suhu tubuh seseorang mencapai 39,4 atau 40 derajat celcius.

2. Hilang Nafsu Makan
Seiring dengan berkembangnya bakteri, pasien tipes biasanya akan mengalami gejala hilang nafsu makan. Sehingga makanan apa saja tak akan masuk untuk dikonsumsi.

3. Batuk Kering
Batuk kering juga menjadi salah satu gejala tipes bersamaan dengan hilangnya nafsu makan. Batuk biasa terjadi pada minggu awal sehingga pasien diminta untuk tetap mengasup makanan bernutrisi.

4. Lidah
Bagian tengah lidah pada orang dengan gejala tipes biasanya akan berwarna putih. Sedangkan, pinggirannya akan berwarna merah, dan jika pasien menjulurkan lidah akan terjadi tremor (gemetar).

5. Diare
Gejala tipes lainnya adalah perubahan pola buang air besar (BAB). Bisa aja, pasien mengalami diare atau bisa jadi mengalami sembelit

6. Ruam Merah
Gejala tipes dan DBD biasanya tampak sama melalui ruam merah. Pasalnya, gejala ini juga biasa muncul pada beberapa pasien yang mengalami DBD.

7. Mual Muntah
Gejala tipes terakhir terjadi pada saluran pencernaan, yaitu rasa mual dan muntah. Hal ini terjadi karena bakteri menyerang pada bagian pencernaan. (*)

Komentar