oleh

4 Hal ini Bisa Jadi Penyebab Wanita Kesulitan Orgasme

Liputnews.com – Wanita ternyata tidak otomatis merasakan orgasme saat berhubungan seksual. Dalam beberapa kasus, wanita sebetulnya tidak merasakan kepuasan saat bercinta dengan pasangannya.

Dalam riset yang dipublikasikan di Archives of Sexual Behavior pada 2018, hanya 65 persen wanita yang pasti atau selalu merasakan orgasme saat berhubungan intim dengan pasangan. Angka ini lebih rendah dibandingkan pada pria yang mencapai 95 persen.

“Jika tak bisa merasakan orgasme, segera diskusi dengan pasangan untuk mencari tahu penyebab dan jalan keluarnya. Hal ini menekan risiko pasangan berburuk sangka ada masalah dengan hubungan anda. Bila perlu jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kandungan, apalagi jika terjadi mendadak bukan karena pengobatan atau masalah lainnya,” kata profesor psikiatri Gail Saltz, MD, dari New York-Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine dilansir¬† dari detikhealth.

Berikut beberapa hal yang bisa mengakibatkan wanita tidak bisa atau kesulitan orgasme:

1. Wanita umumnya tidak fokus pada kepuasan pribadi
Salah satu penyebab wanita tidak bisa orgasme adalah pandangan sosial atau masyarakat umum. Hal ini mengakibatkan wanita tidak mempertimbangkan kepuasannya sendiri.

“Wanita tidak termotivasi untuk fokus pada kesenangan seksual pribadi atau bahkan merasa tidak berhak merasakannya. Dalam beberapa kasus, wanita bersama malu dan merasa bersalah jika merasakan kesenangan seksual,” kata psikolog klinis dan terapis seks Janet Brito, PhD.

2. Terbebani untuk merasa orgasme
Menurut Brito, beberapa wanita merasa terus tertekan untuk terlihat terangsang secara seksual dan orgasme. Hal ini dilakukan demi kepuasan pasangan bukan untuk kesenangan pribadi wanita.

Bila dibiarkan, tuntutan ini bisa menyebabkan wanita stres dan mengakibatkan adanya perubahan dalam hubungan. Masalah ini lebih baik segera diatasi bersama pasangan.

3. Masalah kesehatan
Dugaan ada masalah kesehatan muncul jika tubuh wanita tidak merespon terlepas dari tindakan apapun yang dilakukan pasangan. Sama dengan masalah lain, hal ini harus diselesaikan secepatnya.

“Kegelisahan, depresi, mengalami penurunan tingkat testosteron dan estrogen, dan diabetes bisa menjadi masalah kesehatan yang mengakibatkan tidak bisa orgasme,” kata Dr Saltz.

4. Pengobatan
Penyebab umum lain wanita tidak bisa orgasme adalah sedang melakukan pengobatan. Hal ini biasa terjadi pada wanita yang mengkonsumsi antidepresan dan anticemas.

“Beberapa jenis pengobatan yang paling sering mengakibatkan sulit orgasme dan menurunan libido adalah serotonin reputable inhibitors, serotonin dan norepinephrine reuptake inhibitors, serta tricyclics antidepressants,” kata Dr Saltz. (*)

Komentar