oleh

Terkendala Pemutakhiran DPT, KPU Makassar Siapkan Aplikasi Baru

Liputnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan meluncurkan sebuah aplikasi berbasil IT. Aplikasi ini nantinya digunakan untuk pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT).

Komisioner KPU Makassar Bidang Program dan Data, Romy Harminto mengatakan, salah satu kendala yang kerap ditemui adalah pengimputan data pemilih. Pasalnya keterbatasan akses menjadi salah satu faktor utamanya.

“Hampir semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengeluhkan hal tersebut. Yang paling susah itu di Kecamatan Sangkarang. Karena semua kelurahannya terpisah oleh pulau,” terangnya.

Untuk mengatasi kendala tersebut, kata Romy, KPU Makassar saat ini sedang menyiapkan sebuah aplikasi berbasis IT. Aplikasi ini, tambahnya akan memudahkan proses pengimputan data pemilih di tiap kelurahan

“Aplikasi ini nantinya hanya membutuhkan jaringan seluler. Tapi aplikasinya harus didownload terlebih dulu. Kemudian masukkan kode sesuai dengan yang kita sebarkan ke teman-teman penyelenggara,” urainya.

Romy menambahkan, aplikasi itu nantinya akan termuat semua informasi data kependudukan. Tidak hanya itu, komponen pendukung lainnya juga akan terlihat sehingga memudahkan dalam pemutakhiran DPT.

“Aplikasi ini untuk memberikan informasi data kependudukan lebih cepat. Tapi untuk pengimputan manual tetap harus dilakukan untuk dijadikan patokan dalam mencocokkan benar tidaknya data yang diinput melalui aplikasi itu,” tutupnya. (eca)

Komentar