oleh

Putra Sulsel di Kabinet Baru: Amran Masih Mungkin, Kans SYL Kecil

Liputnews.com – Menteri Pertanian Amran Sulaeman masih berpeluang masuk di kabinet baru Jokowi-Ma’ruf Amin. Kans Syahrul Yasin Limpo dinilai kecil karena slot parpol mungkin dipangkas.

Jokowi sudah mengisyaratkan memberi porsi lebih besar pada profesional di kabinet mendatang. Konsekuensinya, parpol-parpol pendukung akan kehilangan kursi lebih banyak.

Lalu bagaimana peluang putra-putra Sulsel di kabinet? Para pengamat melihat, hanya satu putra Sulsel yang berpeluang mendapatkan jatah menteri, yakni Amran Sulaeman.

Amran saat ini menjabat menteri pertanian.

“Pak Amran saya lihat masih mungkin. Pertama kinerja beliau lumayan stabillah.Paling tidak, gejolak-gejolak di sektor pertanian itu bisa diredam selama ini,” ujar pengamat politik Juanda H Alim, Sabtu (5/10/2019).

Kedua, hubungan Amran dengan Jokowi relatif harmonis. Sepanjang lima tahun, Jokowi nyaris tak pernah mengeluhkan kinerjanya sebagai mentan.

“Reputasi emosional di mata Jokowi, Amran ini lumayan baik,” jelasnya.

Hanya saja, Juanda memprediksi, Amran akan diroling ke bidang lain.

“Mungkin bidang ekonomi atau yang masih berhubungan dengan masalah industri. Di pertanian Jokowi kemungkinan memplot akademisi,” papar Juanda.

Sementara SYL menurut Juanda, kansnya kecil. SYL hanya punya satu pintu ke kabinet, yakni lewat jatah parpol, Nasdem.

“Tapi di Nasdem itu, SYL belum jadi magnet kuat. Kiprahnya di politik nasional kan baru. Di sana ada Johny Plate dll. Jadi agak berat bersaing,” katanya.

Malah justru menurut Juanda, Gubernur Nurdin Abdullah punya peluang lebih terbuka.

“Ia bisa mengisi slot profesional. Dia akademisi. Bukan orang parpol,” imbuhnya. (mal)

Komentar