oleh

Januari 2020 KPU Buka Pendaftaran PPK dan PPS

Liputnews.com – Komisi Pemungutan Suara (KPU) Makassar akan memulai tahapan penerimaan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), Januari 2020 mendatang. Demikian disampaikan Ketua KPU Makassar M Faridl Wajedi.

“Untuk tahapan penerimaan panitia Ad Hoc (PPS dan PPK) akan dimulai Januari hingga Februari 2020 mendatang,” jelasnya.

DIa menambahkan, jumlah besaran anggaran yang dikeluarkan untuk honorarium panitia Ad Hoc Pilwalkot Makassar ini sebesar Rp20 miliar. Jumlah ini kata dia, setara dengan sepertiga total anggaran Pilwalkot Makassar.

“Alokasi untuk panitia Ad Hoc memakan banyak biaya jika dibandingkan dengan teknikal penyelenggara lainnya. Hampir sepertiga anggaran dialokasikan untuk honor panita Ad Hoc,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar malam tadi telah menyepakati nilai anggaran pilwalkot sebesar Rp 78 miliar. Nilai ini Rp 18 miliar lebih kecil dari nominal yang diajukan KPU sebelumnya.

Penandatanganan mengenai kesepakatan ini dituangkan dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). Penandatanganan dilakukan di Rujab Wali Kota Makassar, Selasa malam.

Sebelumnya KPU mengajukan nominal anggaran Pilwalkot Makassar sebesar Rp 96 miliar. Setelah melalui tahapan kajian dan rasionalisasi, akhirnya nilai yang disepakati sebesar Rp 78 miliar. (eca)

Komentar