oleh

PSM Harus Keluar dari Periode Buruk

Liputnews.com – PSM harus berusaha bangkit dan keluar dari periode buruk. Peluang untuk tetap kompetitif hingga akhir musim belum benar-benar tertutup.

Pelatih PSM Darije Kalezic beberapa waktu lalu mengungkapkan, anak asuhnya sedang menjalani masa-masa sulit. Namun, ia yakin bisa tetap kompetitif sampai akhir liga.

“Itulah sepakbola. Kami harus punya semua hal. Sekarang kami menghadapi partai-partai sulit, tapi kami bisa bangkit,” terang Darije.

Darije mengungkapkan itu setelah menuai banyak kritik atas performa anak asuhnya belakangan ini. Terakhir, PSM dipecundangi Kalteng Putra 1-3.

Kekalahan ini sekaligus menggerus asa Pluim cs untuk memperbaiki peringkat di Liga 1. Saat ini PSM bercokol di peringkat 9 klasemen Liga 1 di bawah PSS Sleman dan Persib.

Sejumlah analis bola menilai, Darije gagal mengangkat moral timnya setelah menuai banyak kekalahan tandang. PSM diduga mengalami tekanan psikologi atas hasil-hasil minor itu.

Sekarang PSM dituntut bangkit untuk mengejar tempat lebih baik musim ini. Sejumlah analis memberi saran kepada Darije.

“Kalau saya sih masalahnya memang di mental. Tekni bagus, tapi sepertinya PSM sedang drop karena psikologi tim kurang baik. Ini mungkin akibat kelelahan juga,” papar Armin, pecinta sepakbola Makassar.

Analis lainnya, Sahabuddin Kamisi, menyarankan Darije mengistirahatkan beberapa pemain dan mencoba wajah-wajah baru.

“Kedua, beri motivasi kepada pemain agar tidak terbebani dengan hasil. Main saja. Main lepas. Jangan ada beban,” harapnya.

Sahabuddin melihat, pemain PSM selalu memburu hasil. Mereka main dalam tekanan.

“Ini yang justru bikin PSM main buruk,” kuncinya. (ml)

Komentar