oleh

Berburu Big Five Hampir Jadi Misi Mustahil PSM

Liputnews.com – PSM makin jauh dari perburuan lima besar Liga 1 usai kekalahan mencolok dari Kalteng Putra, akhir pekan kemarin. Dengan sisa laga yang ada, misi ini hampir mustahil.

PSM Makassar dibantai Kalteng Putra dengan skor 1-3 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu (10/11/19). PSM saat ini masih bercokol di peringkat 9 dengan torehan 36 poin dari 25 laga.

Untuk menuju 5 besar (big five) PSM harus melewati setidaknya empat tim dengan torehan lebih baik. Persib Bandung di peringkat 8 dengan torehan 37 poin.

Meski PSM masih minus satu partai dari Persib, namun dalam empat pekan terakhir, Maung Bandung menunjukkan performa gemilang. Sedang tiga tim di urutan 7,6 dan 5, masing-masing mengoleksi 38 poin (Tira Kabo), PSS (40) dan Arema FC dengan 41 poin.

Dari marginnya, PSM tak terpaut jauh dari keempat tim ini. Namun, tren mereka lebih dari Pasukan Ramang di laga terakhir.

PSM hanya terpaut lima poin dari Arema. Artinya, Pluim cs hanya butuh dua kemenangan untuk melampaui Singo Edan.

Hanya saja, tren PSM saat ini sedang jeblok. PSM sangat sulit meraih poin. Produktivitas golnya menurun dibanding awal-awal putaran kedua lalu.

Strategi Darije Kalezic banyak disoroti pengamat. Darije dinilai gagal mengangkat motivasi anak asuhnya setelah menelan banyak kekalahan.,

“Dari awal saya katakan, PSM krisis mental. Sejak sulit menang di laga tandang, PSM sulit bangkit. Dan sepertinya trauma di setiap laga tandang,” terang Sahabuddin, suporter dan pengamat sepakbola Sulsel, Senin (11/11/2019).

Secara teknis kata Sahabuddin, PSM cukup baik. Pemain-pemain seperti Rizky Eka dan Asnawi Mangkualan, berkembang dengan pesat.

“Tapi mereka menghadapi masalah psikologi. Ini berat bagi pemain kalau pelatih tidak bisa memperbaiki itu,” katanya.

Namun begitu Sahabuddin melihat peluang ke lima besar masih terbuka.

“Cuma butuh kerja keras. Apalagi harus bersaing dengan Arema, Tira dan Persib. Saya kira peluang belum tertutup. Darije masih punya waktu benahi tim,” imbuhnya. (mal)

Komentar