oleh

3 Kekalahan Beruntun, Sulit ke Lima Besar, Masih Laikkah Darije?

Liputnews.com – Posisi Darije Kalezic masih tetap aman meski PSM mencatat rentetan tiga kekalahan beruntun di tiga partai terakhir. Kekalahan itu juga membawa PSM kian jauh dari perburuan big five.

Lantas, masih laikkah pria Bosnia ini dipertahankan? Suporter PSM memberi repons beragam.

“Sebaiknya tetap ada evaluasi terhadap Darije. Plus minusnya harus dikaji kembali,” terang Sahabuddin, pemerhati sepakbola Sulsel, kepada Liputnews.com, Sabtu (5/10/2019).

Sahabuddin menjelaskan, Darije punya beberapa catatan impresif. Pertama, ia membawa PSM menjuarai Piala Indonesia, dan itu diraih di musim pertamanya.

Kedua, Darije memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Ini adalah musim pertamanya bersama PSM sekaligus debutnya di Liga 1.

Ia tak membutuhkan waktu banyak untuk beradaptasi dengan jadwal liga yang padat. Darije juga mampu memanej kondisi fisik armadanya dalam mengarungi musim yang panjang.

Tapi catatan buruknya juga ada. Darije belum pernah menang di laga away sepanjang musim ini. PSM juga memiliki catatan kebobolan cukup banyak, terutama di paruh kedua musim.

Dalam tur tiga kota di tiga partai terakhir, PSM juga menderita 3 kekalahan.

Senada dengan Sahabuddin, Aldi Suaeb, suporter PSM juga menilai Darije masih perlu diberi kesempatan. Paling tidak sampai akhir musim.

Meski saat ini PSM terpuruk, akan tetapi ia menilai, Darije adalah juru taktik yang baik. Ia memiliki visi jauh ke depan.

“Ia banyak memberi kesempatan kepada pemain-pemain untuk berkembang. Saya kira kalau PSM terpuruk sekarang, itu bukan sekadar masalah teknis saja. Darije sedang berusaha memperbaiki mental pemain yang jatuh,” katanya.

Suporter PSM, Ibrahim Kawakan, berpendapat lain. Menurutnya, Darije perlu dievaluasi. Kalau targetnya adalah lima besar, maka harus ada batas waktu evaluasi.

“Mungkin diberi waktulah 2 atau 3 pertandingan. Kalau PSM masih belum bisa menang, ya saya kira harus dievaluasi,” jelasnya.

Menurut Ibrahim, dua atau tiga partai ke depan sangat menentukan nasib PSM untuk tetap kompetitif di liga. Jika kalah, maka sisa partai tidak akan banyak menolong nasib Pluim cs.

Meski begitu, Ibrahim tetap angkat topi untuk Darije.

“Setidaknya dia sudah kasih gelar untuk PSM di musim pertamanya. Tapi kita butuh dia memberi efek lebih di liga,” imbuhnya.

Komentar