oleh

Dunia Pendidikan itu Pelik, Butuh Terobosan dari Nadiem

Liputnews.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim akan menghadapi sederet persoalan dunia pendidikan ke depan. Problem ini membutuhkan terobosan yang tak biasa.

“Justru ini yang menjadi masalah terberatnya. Karena Mendikbud ini masih muda dan tidak pernah bergelut langsung dengan tetekbengek dunia pendidikan. Sementara masalah yang dihadapi begitu komplet,” ujar Dr Andi Mattappa, pemerhati pendidikan Sulsel, Rabu (27/11/2019).

Mattappa menjelaskan, ada tiga tantangan paling berat yang akan dihadapi Nadiem. Pertama, terobosan kurikulum pendidikan, yang harus selalu update secara berkala.

Kedua, nasib guru honorer. Menurut Mattappa, guru honorer akan menjadi kisruh panjang jika tak segera dicarikan solusi.

“Karena jumlah mereka yang terus bertambah. Sementara penyerapan kita rendah. Saya sebenarnya berharap di 100 hari pertama Pak Nadiem sudah punya konstruksinya bagaimana memecahkan problem ini,” paparnya.

Soal kurikulum pendidikan Mendikbud hanya punya gagasan kuat. Tidak boleh hanya mengikuti alur formal yang ada dari tahun ke tahun.

“Setidaknya ada terobosan kurikulum. Jangan cuma ngikut saja yang sudah-sudah. Kalau nda ada terobosoan pake program-program basi. Bahaya itu,” jelasnya.

Yang ketiga adalah merestrukturisasi karakter dunia pendidikan kita. Saat ini bangku sekolah terlalu formil dan hanya menjadi tempat mengejar ijazah saja.

Padahal, sekolah harusnya membentuk orang insan yang berkarakter. Berkarakter artinya kata Mattappa, SDM yang menguasai iptek, moral dan benar-benar bisa mencerminkan kemajuan pendidikan.

“Anak-anak kita kehilangan karakter sekarang. Karena sekolah 70 persen menjadi wadah formil untuk cari ijazah. Cari kerja, dan selesai sampai disitu,” jelas Mattappa.

Bukan itu ujung dari pendidikan kata dia.

“Tapi mencetak manusia yang bisa berpikir meneruskan kemajuan bangsa ini. (mal)

Komentar