oleh

‘Rindu Capil’, Inovasi Baru dari Disdukcapil Makassar

Liputnews.com – Satu lagi inovasi yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar. Kali ini diberi nama “Rindu Capil” atau antrean online kependudukan dan catatan sipil.

Kepala Disdukcapil Kota Makassar Ariayati Puspa Abadi mengatakan, aplikasi ini berbasis web untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat. Fungsi dari aplikasi ini, kata dia, untuk mempersingkat waktu antrean masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan.

“Rindu Capil atau antrian online kependudukan dan catatan sipil. Masyarakat yang mau menerima layanan hanya buka Web daftar antri 14 hari ke depan bisa pilih hari, ada menu pelayanan,” jelas Ariayati.

Bahkan inovasi Rindu Capil ini didesain khusus dengan sistem real time yang bisa dilihat masyarakat. Masyarakat bisa menyesuaikan waktunya agar tak lama mengantri.

“Ada keluar nomor antrian, kalau antri hari ini bisa real time dan diliat berapa antrian dan bisa menyesuaikan waktunya,” jelasnya.

Tak hanya itu, bagi masyarakat yang tak bisa mengakses internet, Puspa telah menyediakan pegawainya di loket khusus untuk membantu masyarakat masuk mengunakan aplikasi tersebut.

Ada loket tetap dibantu oleh petugas mengunakan NIK, ada antrian manual, “dan tetap dimasukkan ke sistem,” terangnya.

Layanan di Disdukcapil Kota Makassar sendiri melayani 600 orang masyarakat per harinya. Sementara untuk mangases layanan Rindu Capil, cukup dengan mengakses www.dukcapilmakassar.co.id. (eca)

Komentar