oleh

Ngantor Sehari di Kecamatan Diawali di Rappocini, Iqbal: Dengar Langsung Keluhan Warga

Liputnews.com – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengawali program berkantor sehari di kecamatan, di Kecamatan Rappocini, Rabu (9/10/2019). Program ini akan dilakukan bergilir guna mendengar langsung keluhan warga.

“Saya bisa mendengar langsung keluhan warga mengenai persoalan di setiap kecamatan. Dari keluhan itu kita bisa ukur mana yang menjadi skala prioritas,” terang Iqbal.

Dalam kesempatan itu Iqbal didampingi Camat Rappocini Hamri Haiya. Turut hadir anggota DPRD kota Makassar Andi Suhada Sappaile, Babinsa, Binmas, lurah se-Kecamatan Rappocini, LPM, RW/RT, dan tokoh masyarakat beserta TP PKK kelurahan, dan kecamatan.

Berkantor sehari di kecamatan merupakan program yang digagas Iqbal saat pertama dilantik menjadi pj wali kota. Ia mengatakan, program ini punya tujuan jelas, yakni mendorong efektivitas pelayanan di kecamatan.

“Tujuannya adalah agar jalur birokrasi dan mekanisme semakin diperpendek karena kita ingin memperbaiki jalur komunikasi antara pengambil keputusan dengan masyarakat, sehingga apa yang menjadi keluhan warga dapat langsung ditindaklanjuti oleh dinas atau SKPD terkait,” tuturnya.

Iqbal menambahkan, keluhan warga yang diterima dalam program berkantor sehari dapat ditindaklanjuti dengan mengecek secara langsung bersama dinas terkait, dan menyelesaikannya sesuai skala prioritas.

“Kunjungan ini akan rutin dilakukan di semua kecamatan, tapi tidak harus setiap hari bisa saja dalam satu pekan itu bisa dua atau bisa juga satu kecamatan yang kita kunjungi,” ungkapnya.

Iqbal berharap ke depan pemerintah kecamatan tidak menunggu laporan saja namun melakukan pemangkasan birokrasi dengan mendengar dan bertemu langsung masyarakat.

Dalam kunjungannya, Iqbal berbincang dengan tokoh masyarakat, LPM, tokoh pemuda, RT/RW terkait permasalahan yang mereka hadapi selama ini, diantaranya masalah kebersihan, sampah, drainase, dan perbaikan jalan di wilayah Rappocini.

Selanjutnya Iqbal melakukan kunjungan lapangan dengan meninjau drainase di sepanjang jalan Tamalate, kelurahan Makkio Baji.(mal)

Komentar