oleh

NA Instruksikan Tangkap Pelaku Pembakaran Hutan

Liputnews.com – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menginstruksikan Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Sulsel untuk bekerja sama dengan aparat keamana menangkap pelaku pembakaran hutan. Hal tersebut disampaikan dalam acara FGD Penanganan Banjir dan Longsor di Gedung Rektorat Unhas, kemarin.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini menegaskan agar menindak setiap oknum yang membabat dan membakar hutan. Menurutnya hal tersebut bisa merusak unsur hara tanah.

“Masyarakat tidak boleh asal tebang dan membakar hutan untuk dijadikan lahan pertanian. Koordinasikan dengan aparat kepolsian setempat. Tangkap mereka,” tegasnya.

Nurdin menambahkan, selama ini banyak oknum yang menebang dan membakar kayu jati hanya untuk membuka lahar baru. Ini jelas sangat merugikan.

“Pokonya tidak boleh masyarakat berlaku semena-mena terhadap lanan. Bayangkan ada masyarakat yang membakar kayu jati untuk jadikan lahan pertanian,” tegasnya.

Lebih jauh, Nurdin juga mengajak semua elemen menjaga hutan dan lahan. Hal ini agar bendungan tidak mengalami kekeringan seperti yang terjadi saat ini.

“Kita harus menjaga juga bendungan yang kita punya dan juga harus diperhatikan juga dengan baik,” tutupnya. (eca)

Komentar