oleh

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba 2020, Kereta Api Makassar-Parepare Masih Mangkrak?

Liputnews.com – Pemerintah mengumumkan rencana kedatangan kereta cepat yang dirakit di Cina pada 2020 mendatang. Kereta ini rencananya akan dioperasikan untuk rute cepat Jakarta-Bandung.

Lantas bagaimana dengan proyek kereta api Makassar-Parepare? Hingga saat ini, proyek tersebut masih mangkrak.

Sejak dihentikan 2018 lalu, proyek kereta api Makassar-Parepare belum mendapatkan kepastian mengenai kelanjutannya. Baik pemerintah provinsi maupun pusat mengaku masih mengkaji rencana kelanjutan proyek tersebut.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, proyek ini tetap menjadi prioritas untuk dilanjutkan. Target tetap pada semula, yakni beroperasi pada 2020.

“Sesuai rencana, akan beroperasi 2020,” katanya.
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus menggenjot penyelesaian pembangunan jalur Kereta Api (KA) Trans Sulawesi, khususnya pada jalur Makassar-Parepare sepanjang 145 km.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, pengerjaan jalur sepanjang 44 km bakal rampung pada April 2019, dan akan lanjut membangun tambahan sepanjang 60 km. Dia pun menargetkan, KA rute Makassar-Parepare bisa segera beroperasi pada akhir 2020.

“Dengan 104 kilometer ini nanti bersamaan akan kita koneksikan beberapa pabrik semen yang ada di sini dan pada saat itu kita mulai operasikan. Jadi kira-kira kita mulai beroperasi akhir 2020,” ujar Budi beberapa waktu lalu.

Selain dibangun menggunakan dana APBN, pembangunan jalur KA lintas Makassar-Parepare ini rencananya juga melibatkan perusahaan swasta melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Nantinya, swasta akan membangun lintasan baru sepanjang 15 kilometer yang menyambungkan ke beberapa pabrik semen. Seperti yang ada di daerah Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, senilai Rp 1 triliun.

Komentar