oleh

Karena Mutasi Iqbal Digugat, Appi Sindir Birokrasi Bobrok Era Danny

Liputnews.com – Pembatalan SK ratusan pejabat Pemkot akassar berbuntut. Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb diancam akan digugat.

Munafri “Appi” Arifuddin turut berkomentar soal polemik ini. Appi menilai, semua berawal dari sistem birokrasi yang bobrok di era wali kota sebelumnya.

“Iya, birokrasi bobrok kan dulu (era Danny). Coba bayangkan orang seenaknya saja dimutasi. Dan ternyata tidak prosedural, akhirnya ini yang jadi biang masalah,” ketus Appi.

Menurut Appi, pangkal masalahnya di situ. Sampai akhirnya karena prosedurnya cacat, SK itu dianulir Kemendagri.

“Muncullah sekarang polemik. Ada yang tidak puas dimutasi sampai muncul ancaman gugatan. Ini jadi pelajaran bagi kita bahwa birokrasi itu memang harus ditata rapi,” ujarnya.

Sementara itu ancaman gugatan pejabat pemkot direspons Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. Ia menantang para pejabat yang akan menggugatnya mundur dari jabatan.

Iqbal mengaku siap jika kasus pembatalan SK mutasi itu diselesaikan di jalur hukum.

“Ya kalau mau menggugat silakan. Boleh-boleh saja,” tegas Iqbal, Kamis (12/9/2019).

Iqbal juga meminta pejabat-pejabat yang tidak setuju pembatalan SK mutasi itu untuk menyerahkan semua fasilitas negara yang mereka gunakan. Menurutnya, menjadi bias kalau pejabat itu menggugat tetapi tidak mundur dari jabatannya dan masih menggunakan fasilitas.

“Kan aneh, mereka kan menggugat, artinya mereka tidak setuju dimutasi. Tapi kok tidak mundur dan masih pakai fasilitas,” ketusnya.

Sebelumnya, sejumlah pejabat Pemkot Makassar yang terimbas penurunan jabatan usai SK mereka dibatalkan, menyiapkan perlawanan hukum. Para pejabat ini akan menggugat Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb. (yos)

Komentar