oleh

Diskominfo Makassar Gelar Forum Jurnalistik dan SKPD

Liputnews.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar menggelar Forum Jurnalistik dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kota Makassar. Kegiatan yang dilaksakan di Hotel Arthama, Senin (16/9/2019) ini bertema “Memahami Kode Etik Jurnalistik dan Undang Undang ITE”.

Dengan dipandu Fadillah Reski Rivai sebagai moderator, kegiatan ini menghadirkan pembicara dari berbagai praktisi, misalnya Nurdin Amir S.Hut (Aliansi Jurnalis Independen Makassar), Fajriani Langgeng (Direktur LBH Pers), serta Iwan Taruna (praktisi jurnalis/wartawan senior).

Sebagai pembicara pertama, Iwan Taruna menceritakan pengalamannya selama menjadi jurnalis, khususnya di beberapa daerah konflik. Lebih jauh dia juga menjelaskan pentingnya seorang jurnalis unsur 5W + 1 H di setiap hasil karyanya.

“Berita mempunyai unsur yang harus dipenuhi wartawan. Karena unsur inilah yang nantinya dikembakang hingga menjadi sebuah hasil karya yang enak dibaca publik,” terangnya.

Selanjutnya Fajriani Langgeng menjelaskan tentang dasar hukum jurnalistik dan undang-undang ITE. Menurut dia, ada standarisasi yang harus dipenuhi media dalam menciptakan sebuah karya junalistik.

“Ada beberapa standar yang harus dipatuhi. Seorang wartawan juga harus tahu dasar-dasar hukum, hal ini sebagai rambu-rambu bagi media agar tidak membuat berita asal-asalan,” tegasnya.

Sementara itu Nordin Amir sebagai pembicara ketiga terkait kode etik jurnalisitik menjelaskan bahwa khalayak berhak untuk mendapatkan informasi yang berkualitas. Media, kata dia, merupakan corong untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

“Media harus paham peranannya dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. Khalayakj membutuhkan informasi yang berkualitas. Bukan Hoax,” tandasnya.

Hadiri dalam kegiatan ini Abdul Aziz Hasan sebagai perwakilan dari PJ Walikota Makassar, beberapa aparatur Diskominfo Kota Makassar, perwakilan jurnalis, baik cetak dan media online, umum dan mahasiswa, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). (eca)

Komentar