oleh

Cerita Etnis Tionghoa di Film Ati Raja, Iqbal Ajak Semua Nonton

Liputnews.com – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengajak warga Makassar menonton pemutaran perdana film Ati Raja. Film ini berkisah tentang Ho En Jhi, pria Tionghoa yang melahirkan banyak karya seni Bugis-Makassar.

“Kota Makassar merupakan salah satu kiblat film di Indonesia selain kota Jakarta yang memproduksi film-film lokal. Di film Ati Raja ini mengambil latar belakang Makassar tempo dulu, dengan keanekaragaman dan pembauran budaya dan etnis yang ada sejak dahulu di Sulsel,” ungkap Iqbal saat menerima kru Film Ati Raja di ruang Sipakalebbi, Balaikota Makassar, Selasa (22/10/2019).

Iqbal mengatakan, film ini membuktikan pembauran etnis di Makassar begitu terawat sejak dulu. Yang unik karena kekayaan budaya dan seni Sulsel justru lahir dari seniman Tionghoa seperti Ho En Jhi.

“Film ini mengisahkan seorang keturunan Tionghoa bernama Ho En Jhi yang sangat cinta budaya kesenian Sulawesi Selatan sehingga dari tangannya lahir kesenian lagu-lagu daerah seperti Ati Raja (kebesaran jiwa),” jelasnya.

Iqbal mengaku akan mendukung pemutaran perdana film Ati Raja. Ati Raja rencananya akan tayang perdana bertepatan dengan HUT Kota Makassar November mendatang.

“Kita akan ajak seluruh jajaran pemerintah kota untuk menyaksikan pemutaran film Ati Raja ini,” jelasnya.

Produser film Ati Raja Arwan Tjahyadi menyambut baik pemutaran perdana film Ati Raja bersamaan dengan peringatan HUT Kota Makassar.

“Terima kasih atas bantuan pak wali, selain pemutaran perdana bersamaan dengan HUT kota Makassar film ini kita akan putar ke luar Indonesia seperti ke negara Malaysia, Singapura, bahkan sampai ke Hong Kong,” ucapnya.

Sementara itu pemerhati film daerah Niki berharap film Ati Raja ini dapat sukses seperti film lokal sebelumnya seperti Uang Panai dan Silariang.

Kita harapkan dengan adanya kerja sama dan bantuan Pemerintah kota Makassar yang turut serta mempromosikan film ini sehingga dapat sukses mengikuti jejak film-film karya sineas Makassar sebelumnya. (yos)

Komentar