oleh

Camat Rappocini-Kalapas Makassar Sharing Soal Sampah dan UKM

Liputnews.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar Robianto berkunjung ke Kantor Camat Rappocini, Kamis (28/11/2019). Kunjungan ini dimanfaatkan Kalapas  untuk sharing berbagai hal, termasuk persoalan lingkungan dan pengembangan UKM.

Kalapas dan rombongan disambut Camat Rappocini Hamri Haiya. Selain berdiskusi soal lingkungan, Hamri juga mengajak Kalapas berkeliling melihat langsung sistem pelayanan di Kantor Kecamatan Rappocini.

Hamri mengatakan, kedatangan Kalapas untuk menyatukan visi dengan pemerintah Kecamatan Rappocini.

“Kebetulan Lapas Kelas 1 Kota Makassar berada di wilayah Kecamatan Rappocini. Kami sharing untuk bagaimana memanfaatkan potensi-potensi yang ada di Kecamatan Rappocini kita juga (inovasi) terapkan di Lapas Kelas 1. Mudah-mudahan yang menjadi tujuan beliau (kepala Lapas) seiring denga misinya pemerintah kecamatan untuk menciptakan Lapas Kelas 1 Makassar zero waste (zero sampah),” terang Hamri.

Tak hanya itu, pemerintah kecamatan juga sepakat dengan Kalapas untuk bersama-sama itu memecahkan problem-problem lingkungan lainnya. Hamri menjelaskan, kerja sama dengan Lapas Makassar sudah terjalin jauh sebelumnya.

“Saat ulang tahun Lapas kita sudah melakukan MoU pengelolaan sampah. Semua binaan-binaan yang sudah proses asmilasi kita rekrut menjadi tenaga kebersihan Kecamatan Rappocini,” jelas Hamri.

Hamri berharap ke depan kerja sama bukan hanya persampahan. Tetapi juga sektor UKM.

“Sektor UKM ini juga menjadi konsen kami dengan Lapas. Banyak yang bisa kami sharing dengan Lapas untuk mendorong tumbuhnya UKM di kalangan warga binaan,” paparnya.

Robianto dalam kesempatan itu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kecamatan Rappocini yang telah memberi perhatian begitu besar kepada Lapas. Ia berharap, kerja sama ini bisa berkembang di berbagai bidang.

“Ini terkait bahwa lapas 1 makassar ini merupakan subkultur berada di masyarakat Kecamatan Rappocini. Jadi apapun yang kita lakukan tidak terlepas dari Pemerintah Daerah setempat, maka dari itu saya mohon dukungan kepada bapak Camat dalam rangka pembinaan, penataan lingkungan dan lainnya. Kebetulan wilayah kami berada di wilayah Kecamatan Rappocini,” ujar Robianto.

Robianto menjelaskan, kedatangannya di samping meminta dukungan, juga merupakan studi tiru supaya lingkungan Lapas juga bisa hijau seperti Kantor Camat Rappocini.

“Dan kecamatan ini bisa dijadikan contoh, saya kira bukan hanya untuk Lapas 1 Makassar tetapi di seluruh kantor-kantor pemerintahan. Banyak inovasi Pak Camat Rappocini dan welcome juga untuk berkalaborasi.” imbuhnya. (mal)

Komentar