oleh

Benchmarking Jateng Soal Pelayanan di Rappocini: Inovasinya Mengilhami Kami

LIPUTNEWS.COM – Rombongan Benchmarking Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Provinsi Jawa Tengah berkunjung ke Kantor Kecamatan Rappocini, Makassar, Selasa (3/9/2019). Mereka memuji inovasi pelayanan di Rappocini yang dinilai sangat menginspirasi.

“Kecamatan Rappocini sangat luar biasa, dari pelayanan publik dari depan sampai ke belakang, camat termasuk lurah sangat luar biasa. Mungkin inovasi-inovasi yang ada di Kecamatan Rappocini bisa mengilhami peserta Diklapim IV untuk pembuatan Laporan Proyek Perubahan,” ujar Atthathur Massalena, ketua rombongan.

Atthathur dan rombongan diterima Camat Rappocini Hamri Haiya. Rombongan ini berkesempatan melihat dari dekat proses pelayanan di kntor kecamatan. Termasuk keberadaan war room yang bekerja memantau berbagai aktivitas.

Menurut Atthathur, Kecamatan Rappocini memiliki integrasi digital yang sangat komplet. Sehingga pelayanan kepada warga terlihat lebih simpel.

“Ini menginspirasi kita, terutama agar model pelayanan seperti ini juga bisa dikembangkan di kecamatan-kecamatan di Jateng,” jelasnya.

Atthathur juga memuji kesiapan Rappocini menghadapi arus transformasi digital. Dimana kata dia, di era sekarang publik menginginkan adanya model pelayanan yang cepat dan transparan.

“Dan ini dikembangkan oleh Rappocini. Ini inovasi yang luar biasa,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Rappocini Hamri Haiya mengungkapkan, berbagai inovasi pelayanan telah dilakukan. Di antaranya mini war room, Sipelor serta posko terpadu yang menjadi basis pelayanan berbagai instansi gabungan.

“Dan semua ini sudah berbasis digital. Salah satu terobosan kita yang cukup direspons publik adalah program Sipelor atau Sistem Pelayanan Motor Lorong. Program ini sistemnya dari pintu ke pintu. Jadi masyarakat yang membutuhkan pelayanan cukup menghubungi call cantre kecamatan, dan petugas kami akan turun melayani langsung ke rumah warga,” jelas Hamri. (res)

Komentar