oleh

15 Mantan Camat Makassar Dijatuhi Sanksi Penurunan Pangkat, Iqbal Segera Eksekusi

Liputnews.com – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb akan menjalankan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) atas 15 mantan camat Makassar. Ke-15 mantan camat ini dijatuhi sanksi penurunan pangkat.

“Ya, tentu secepatnya akan ditindaklanjuti. Semua sudah final dan tinggal menunggu pj wali kota,” tandas Asisten I Pemkot Makassar Muh Sabri. Sabri adalah koordinator tim tindak atas kasus ini.

Ke-15 mantan camat ini terjerat kasus pelanggaran ASN setelah beredar video dukungan kepada salah satu pasangan calon presiden di Pilpres lalu. Mereka secara terbuka menyatakan dukungan kepada capres nomor urut 01.

Dijelaskan Sabri, KASN telah mengeluarkan putusan soal kasus indisipliner 15 ASN ini. Mereka diputuskan dijatuhi hukuman ringan dari kategori sanksi berat yang tertera dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Menurut, dalam PP tersebut, ada lima jenis hukuman berat yang diberikan kepada ASN jika terbukti melanggar. Di antaranya penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun.

Termasuk juga pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan, pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai ASN, dan pemberhentian tidak dengan hormat sebagai ASN.

Hanya saja Sabri belum bisa membeberkan kepastian kapan eksekusi akan dilakukan.

“Tunggu Pak Wali. Karena semua sudah selesai, tinggal eksekusi dari beliau. Kapan itu? Ya kita tunggu beliau,” terang Sabri.(yos)

Komentar