liputnews.com

Kakankemenag Padang H. Edy Oktafiandi Pimpin Ziarah Bersama di PPMTI Batang Kabung

IMG-20221021-WA0001

Padang, Sumbarinfo.Com– Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi pimpin ziarah bersama ke maqam pendiri dan pimpinan Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (PPMTI) Batang Kabung Padang, Kamis, (20/10/22).

Ziarah ini merupakan rangkaian agenda kegiatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke-VIII tahun 2022 tingkat Kemenag Kota Padang.

Tampak hadir dalam kegiatan ziarah tersebut,
Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Zulfahmi, Kasi Pondok Pesantren dan Diniyah (PDP) Dian Khairati, Kasi Bimas Aris Junaidi, Kasi Penmad Farhan Furqani, Kasi PAI Aidil Khurdiansyah, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H. Hendri Yazid, penyelenggara Syariah Rinaldi Putra, Ketua Pokjawas Taufik, pimpinan PPMTI buya Mahyudin Salif Tuanku Sutan.

Hadir juga Kepala Madrasah Negeri/Swasta, Kepala KUA, Pengurus Yayasan Ar-Risalah, Pimpinan Pondok Pesantren se Kota Padang, pengasuh, dan santri ponpes se Kota Padang. Ketua Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan ketua Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA), ketua dan sekretaris APRI, ketua dan sekretaris Pokjaluh, ketua dan sekretaris FKDT dan BKS TPQ-TQA Kota Padang.

Ritual ibadah ziarah di mulai dengan pembacaan Ummil Quran yang pimpin oleh pimpinan PPMTI Batang Kabung buya Mahyudin Salif Tuanku Sutan di lanjutkan dengan tahlil dan doa dipimpin buya Burin Khatib Kayo.

Kakankemenag dalam sambutannya Kamenag menekankan, betapa pentingnya mengingat perjuangan ulama dahulu yang tak pernah lelah dan putus asa meskipun dalam keterbatasan, tanpa ada gedung, lokal, dan kurangnya finansial.

Kata Kamenag yang pernah jadi Kasi PDP itu, dipilihnya PPMTI Batang Kabung untuk ritual ziarah karena disini berkuburnya 4 Ulama dan tokoh besar yang giat mengembangkan ajaran-ajaran Islam. “Kita harus mengenang para pendahulu. Meneruskan perjuangan para pendahulu dan bisa mewujudkan cita-cita pendahulu” kata Edy.

Edy Oktafiandi menambahkan, sejumlah agenda peringatan Hari Santri 2022 sudah disiapkan. diawali dengan Upacara HSN yang di pusatkan di Pesantren Perguruan Ar-Risalah pagi tadi, Ziarah bersama ke maqam pendiri dan guru besar PPMTI Batang Kabung yang saat ini sedang berlangsung dan malam nanti Dzikir bersama di Ponpes Al-Hufaz Bungus Teluk Kabung (20/10/22).

“Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Peringatan Hari Santri Nasional pada tahun 2022 mengangkat tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan” jelas Edy.

“Tema tersebut mencerminkan keberadaan santri yang dicatat dalam sejarah selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia, di mana ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi dari ajaran agama”
ungkap Edy mengakhiri.

Sementara itu pimpinan PPMTI Batang Kabung buya Mahyudin Salif Tuanku Sutan memaparkan sejarah 4 ulama yang berkubur di tempat ini yakni, Syekh. H. Salif Tuanku Sutan pendiri dan guru besar, Syekh H. Abdul Munaf Imam Maulana pendiri dan ninik mamak, Syekh. H. Jamaris Tuanku Mudo santri tertua, pimpinan kedua dan guru besar, dan Syekh. H. Idris Tuanku Mudo pimpinan ke ke-3 juru dakwah, dan guru besar.

(HarisTJ)

BERITA LAINYA

Scroll to Top