oleh

Kabinet Jokowi Rampung, Belum Ada Bocoran Nama SYL

Liputnews.com – Presiden Joko Widodo mengakui telah merampungkan nama-nama kabinet kerja jilid II. Adakah bocoran soal Syahrul Yasin Limpo?

Jokowi malam tadi mengungkapkan, nama-nama itu ada dari semua kalangan. Ia memastikan, politisi, profesional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu, mengisi kabinetnya.

“Saya mengikuti perkembangan. Soal bocoran ini dan itu saya amati. Yang jelas, kabinet sudah rampung. Semua kalangan ada,” terang Jokowi.

Sebelumnya, dari bocoran di Istina disebutkan hanya ada satu putra Sulsel yang kemungkinan mengisi kabinet kerja jilid II mendatang. Dia adalah Amran Sulaeman, yang saat ini menjabat Menteri Pertanian.

Hanya saja, Amran diprediksi bergeser dari posisinya. Posisi Mentan kabarnya akan diserahkan kepada profesional (akademisi).

Sementara Amran disiapkan mengisi satu slot di kursi menteri bidang perdagangan atau ekonomi. Lantas bagaimana kans SYL?

Rumor SYL di kabinet tak begitu kuat. Pasalnya, Jokowi memangkas kuota menteri dari parpol. Sementara SYL hanya bisa masuk lewat kuota parpol, yakni Partai Nasdem.

Dari hasil pertemuan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Prabowo Subianto, Nasdem kemungkinan hanya akan mendapat dua jatah menteri.

“Pak SYL saya kira secara kompetensi personal, dia laik. Tapi sayangnya dia mengisi jatah menteri dari parpol, jadi pasti pilihannya politis. Ini menjadikan kansnya kecil,” terang Apriadi Samad, analis politik.

Apriadi mengatakan, SYL hanya bisa masuk jika ada kompromi di internal Nasdem. Karena di sana, masih ada politisi senior yang mungkin akan lebih dulu diberi jatah.

“Ada Johnny G Plate, Irma Chaniago dan masih banyak lagi. SYL kan orang baru di Nasdem. Kecuali tadi, kalau ada kompromi dia bisa masuk,” jelasnya.

SYL berpeluang masuk pada fase berikutnya kata Apriadi. Di tahun kedua kepemimpinan Jokowi.

“Jika ada reshuffle, ya bisa saja. Kalau sekarang saya kira tidak,” imbuhnya. (ijs)

Komentar