oleh

Duo Tenri Disiapkan Maju, Siapa Kuda Hitam?

Liputnews.com – Setelah pengusaha Ria Effendy, kini muncul dua srikandi baru yang disiapkan maju di Pilkada Gowa. Keduanya adalah Andi Tenri Indah dan Andi Tenri Ajeng.

Analis politik pun memberi banyak respons atas dua perempuan ini.

“Bakal lebih kompetitif lagi. Dan tentunya masyarakat Gowa akan punya alternatif pilihan,” ujar Is Hakim, akademisi yang juga pengamat politik kepada Liputnews.com, Selasa (15/10/2019).

Menurut Hakim, keduanya memiliki akar politik yang kuat.  Tenri Indah adalah isteri dari Darmawangsyah Muin, Ketua DPC Partai Gerindra Gowa, sedang Andi Tenri Ajeng adalah isteri dari Ketua DPP PPP Amir Uskara.

Andi Tenri Indah kini sukses menduduki unsur pimpinan DPRD Gowa setelah lolos masuk parlemen Gowa melalui dapil Pallangga- Barombong. Andi Tenri Indah dikabarkan siap maju asal ditandengkan dengan sang petahana Adnan Puritcha IYL.

Dari internal Tenri Indah berembus kabar bahwa sang suami, Darmawangsyah Muin siap memilih jalan kompromi, eksis mengabdi sebagai Pimpinan DPRD Sulsel dan menyerahkan Gerindra ke petahana. Dengan syarat isterinya diplot sebagai wakil bupati.

“Sepertinya itu kompromi politiknya. Tapi itukan masih lobi-lobi mentah,” ujar seorang tokoh politik Gowa yang dikenal dekat dengan Darmawangsyah.

Sementara Andi Tenri Ajeng, nama ini dikabarkan memang disiapkan untuk maju menantang sang petahana, mengingat kekuatan PPP di Gowa terbilang besar.

“Dengan modal 8 kursi, maka PPP sisa membutuhkan satu kursi untuk mendorong jagoannya menantang petahana,” ujar Is Hakim salah seorang akademisi di Gowa.

Menurutnya, ketua perempuan tangguh ini juga dikenal memiliki jaringan kuat di akar rumput.

“Amir Uskara sekarang adalah Ketua Fraksi PPP di Senayan,memiliki suara 90 ribu lebih di Pileg sehingga rasional apabila mendorong sang Isteri Andi Tenri Ajeng di Pilkada Gowa, apabila memilih wakil yang tepat maka akan menjadi batu sandungan bagi Sang Petahana,” jelasnya.

Darmawangsyah Muin sendiri diketahui memilih mendorong Sang Isteri Andi Tenri Indah mendampingi petahana karena juga memiliki kekuatan yang merata di semua kecamatan di Gowa.

Majunya dua Tenri ini menurut Is Hakim, makin menaikkan tensi politik Gowa, apalagi minat kaum perempuan makin berani maju di ruang politik. Ia melihat ini sebuah kemajuan demokrasi di Gowa.

“Memang kita harus mendorong figur-figur baru di Gowa. Apalagi perempuan sekarang mulai menunjukkan perhatian besar pada politik,” imbuhnya. (yos)

Komentar