liputnews.com

DWP Kemenag Kota Padang : Gelar Pertemuan Rutin Salah Satu Ajang Peningkatan Silaturrahmi dan Mencari Keberkahan

IMG-20220916-WA0158

DWP Kemenag Kota Padang : Gelar Pertemuan Rutin Salah Satu Ajang Peningkatan Silaturrahmi dan Mencari Keberkahan

Padang, SumbarInfo.com — Pengururus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Padang, dibawah Kempemimpinan Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Ny El. Edy Oktafiandi kembali menggelar pertemuan rutin pada Jum’at (16/09), berlangsung di Aula lt.II Kantor Kementerian Agama Kota Padang setempat.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Ny El. Edy Oktafiandi mengatakan bahwa kegiatan bulanan yang rutin dilaksanakan bertujuan sebagai salah upaya untuk membina dharma wanita dengan berbagai kegiatan dan juga salah satu ajang silaturahmi.

Dikatakan, Ny. El Edy Oktafiandi bahwa ada pun pelaksana pertemuan rutin kali ini, DWP Unit KUA Kecamatan Bungus Teluk Kabung, MTsN 1 dan MTsN 6 Kota Padang mengambil tema: Pemanfaatan Lahan Kosong (Pertanian).

Kata dia, sengaja tema ini diangkat agar para ibu-ibu bisa lebih kreatif mempergunakan dan memanfaatkan lahan kosong pertanian diperkarangan rumah untuk dapat dijadiakn tempat budidaya tanaman atau peternakan serta bisa juga membangun Industri Kecil berguna untuk menambah penghasilan tambahan, ajak ketua DWP.

Kita bertekad, Pengurus DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang beserta jajaran untuk Maju Bersama, Bersama Maju untuk Menggadangkan DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang agar bisa meraih kesuksesan Bersama, Sukses menjadi seorang Istri bagi seorang Suami dan Sukses bagi anak-anak kita baik dari segi berkarir maupun financial, sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Ny. El Edy Oktafiandi menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota yang telah melaksanakan program Jum’at Berkah secara berkesinambungan.
Selain itu Ketua DWP menghimbau dalam rangka membumikan Alqur’an maka DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang selalu melaksanakan kegiatan Sehat Alquran (setiap hari tilawah Alquran), ajak Ny. El.

Maka pada momentum Jum’at Barokah kali ini kita juga berbagi Sembako terhadap yang mana penerima dari Madrasah Ibtadiyah Negeri Kota Padang diantaranya, MIN 1, MIN 2 , MIN 3, MIN 4, MIN 5, MIN 6, MIN 7 dan semoga ini bisa membantu, bermanfaat dan Barokah, pinta Ny. El.

Selain kita juga berikan Cedera mata bagi Pemuncak Khatam Alquran bagi Ibu-ibu DWP yang menamatkan 3 kali khatam Alqura’an pertama atas nama, satu Ny.Yur Ramli, dua Ny. Ermiwati Roza , tiga Ny. Rusdayetti, empat Yosy Yusuf, lima Lidya Tasman.

Diucapakan selamat bagi Ibu ibu DWP yang tangguh ini, dan semoga kedepannya lebih ditingkatkan serta lebih banyak lagi yang menyusul menamatkan Khatam selama bulan Suci Ramadhan.

“Semoga Berkah dan menjadi Amal ibadah di sisi sang Pencipta Allah Swt,” harap Ny. El Edy Oktafiandi.

Pada momentum Pertemuan Bulanan DWP Kantor Kementerian Agam Kota Padang kali ini juga mendatangkan Qori Nasional H. Suhardi, untuk memberikan materi terkait, Tahsinul Qur’an atau Bacaan yang benar saat membaca dan menghafal Al-Quran.

Dalam pemaparannya, sang Qori mengatakan bahwa Tahsin Qur’an di dalam Islam mempunyai makna bahwa di dalam membaca Kitab Suci Al Quran haruslah benar dan tepat demi terjaganya keaslian praktik dakwah sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw.

“Tahsin sendiri di dalam Bahasa Arab mempunyai arti memperbaiki, memperkaya atau menguatkan,” jelasnya.
Terlihat seluruh Ibu-Ibu DWP sebagai peserta, begitu antusias dan khusuk mendengar dan mengikuti apa yang diucapakan sang Qori Nasional dan Ia mengatakan bahwa semua bacaan para kaum Hawa tersebut, telah mulai membaik namun harus banyak lagi belajar dan sering mengulang sebab kalau salah bacaan salah artinya, pesan H. Suhardi.

Sementara itu Pembina DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi dalam Arahan dan Pembinaanya menyampaikan tugas pokok sebagai anggota DWP.

“Para Ibu-ibu memiliki amanah sebagai pendamping suami dan memegang posisi strategis di dalam keluarga, serta harus bisa memotivasi suami dalam bekerja.” Ungkapnya.

“Kemudian juga sebagai manajer di dalam rumah tangga, bisa mengatur keuangan, karena seorang istri harus bisa mengatur Debit dan Kredit yang menjadi keperluan dalam rumah tangga serta harus bisa memposisikan hal mana yang harus menjadi prioritas dan yang belu mendesak,” jelsnya dengan penuh senyum.

Lebih jauh, Pembina DWP sekaligus Kepala Kantor menyebutkan seorang istri juga sebagai pendidik bagi anak-anaknya, selain itu juga setiap anak-anak juga berhak mendapatkan perlindungan dan pendidikan sebagai mana haknya yang dinyatakan dalam undang-undang.

Maka dalam pendidikan anak-anak memiliki tiga pilar utama yakninya, Satuan Pendidikan, Orang Tua dan Anak. Termasuk juga bukan menjadikannya anak-anak sebagai objek pendidikan.

“Melainkan subjek pendidikan, dengan memberikan kesempatan siswa-siswi membuat poin-poin peraturan sekolah,” ungkapnya.

“Para Ibu-ibu Dharma Wanita harus bisa dan dituntut menjalankan peran sebagai Kodratnya sebagai Wanita, Istri bagi Suami dan ibu bagi anak-anakanya.

Untuk dapat mendukung kemajuan bangsa dengan mendidik putra-putri terbaik bangsa sebagai generasi penerus yang berdedikasi bermartabat serta menanamkan kualitas hidup akhlakul karimah dalam keluarga agar terwujud Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh,”harap Suami Ketua DWP Kemenag Kota Padang ini.

Terkait dengan Program program kegiatan bisa disinergikan antara DWP dan Kantor Kementerian Agama Kota Padang, seperti program-program yang ada pada DWP Kantor Kementerian Agama Kota Padang.
Dan itu sudah dijelaskan oleh Ketua DWP barusan dan semoga ajang silaturrahmi terjaga dan bertabur Hikmah serta mendapatkan keberkahan Allah Swt Aamiin, harapnya.

Kepala kantor, menginformasikan bahwa kegiatan tersebut diahdiri juga oleh Kepala subbag Tata usaha Zulfahmi, segenap unsur Kepala seksi diantaranya, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Farhan Furqani, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Aidil Khurdiasyah, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Hendri Yazid, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Rinaldi Putra, Kepala seksi Pendidikan Diniyah Pondok dan Pesantren Dian Khairaty beserta Para ibu-ibu Jft,jfu dilingkungan Kementeria Agama Kota Padang.

dipenghujung, Arahannya Pembina DWP Kemenag Kota Padang juga mengajak agar menanamkan Tiga Pilar dalam mendidik anak-anak genersai emas bangsa dintaranya, satu Menanamkan nilai Agama kepada anak sejak dini dengan berlandaskan alquran, dua Mengajarkan anak Sholat 5 waktu beserta bacaan dan maknananya yang benar, tiga Menciptakan generasi alquran dengan menjadikan anak Hafidz alquran, himbaunya seraya menydahi. (HarisTJ)

BERITA LAINYA

Scroll to Top